5 Rekomendasai Tempat Wisata Alam di Bantul Jogjakarta

Jogja merupakan salah satu kota yang sangat menarik di Indonesia, dengan daya tarik dari Jogja antara lain adalah Jogja merupakan Kota pendidikan dengan banyak Universitas, pusat seni dan sastra, Kebudayaan (Jawa) di masyarakat dengan nilai-nilai luhurnya masih tetap terjaga, tempat banyak tempat wisata dan tentu saja kuliner yang sangat unik dan lezat, Jogja juga merupakan daerah istimewa yang memiliki undang-undang tersendiri di Indonesia yang di mana Sultan sebagai Bupati Provinsi Jogja yang mengatur dan mengelola tatanan di Jogjakarta.

Jogja adalah salah satu kota yang ramah di Indonesia baik orang maupun kondisi alam yang masih sangat terjaga, oleh sebab itu kita dapat menemukan begitu banyak wisata alam di Jogja untuk merefresh kembali pikiran kita dari kesibukan sehari-hari. Wisata alam di Jogja memang sangat terkenal salah satu wisata terbaik di Indonesia dengan keasrian alamnya yang masih sangat terjaga. Jika Anda mencari informasi di mana tempat wisata alam di Jogja berarti Anda sedang di tempat yang tepat, berikut ini saya merekomendasikan 5 tempat wisata alam di Jogja yang wajib Anda kunjungi dan Explorasi:

1. Kebun Buah Mangunan

Pertama tempat wisata alam di Jogja yang wajib Anda kunjungi adalah Kebun Buah Mangunan. Tempat ini adalah sebuah tempat agrowisata di Jogja yang baru-baru ini ngehits dan ramai di kunjungi oleh wisata lokal mau pun manca negara. Tapatnya berlokasi di Kec. Dlingo Kabupaten Bantul, dari sini Anda bisa menikmati pemandangan dan keindahan alam Bantul yang masih sangat asri. Sambil berkeliling kebun dan memetik buah, Anda juga bisa melihat-lihat peternakan sapi, serta berburu foto Anda juga bisa memanfaatkan menara pandang yang sudah di siapkan oleh pihak pengelola untuk berburu foto yang menarik dan anti mainstream. Untuk urusan fasilitias di Kebun Buah Mangunan Jogja ini sudah terdapat homestay, kolam renang, aula pertemuan, dan pondokan untuk bersantai.

2. Hutan Pinus Mangunan

wisata jogja hutan pinus

Sumber: cvtugu.com

Hutan Pinus Mangunan bisa jadi merupakan tempat wisata alam pertama yang membuat Bantul dikenal para wisawatan. Selain karena hutan pinusnya yang asri, di sini Anda juga bisa berfoto dengan amphiteater dari kayu pinus yang sangat instagramable.

Wisata alam Hutan Pinus Mangunan Sesuai dengan namanya berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Momen terbaik untuk berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan adalah saat sunrise dan sunset.

Kabar baiknya Anda tidak akan dipungut uang masuk alias gratis. Para wisatawan hanya dipungut biaya untuk parkir kendaraan bermotornya dan itu pun sangat terjangkau, Untuk kendaraan roda dua dipatok Rp. 3.000, roda empat dipatok Rp. 5.000, dan bus sebanyak Rp. 10.000.

3. Kebun Buah Langka Sedayu

Kebun Buah Langka Sedayu

Sumber: wisatayogya.com

Nah, kalau ini tempat wisata alami dan edukatif di Jogja terbaru cocok sekali dikunjungi bagi anak-anak sekolah, pelajar, mahasiswa serta Anda yang tertarik dengan tanaman buah-buahan langka. Wisata Agro Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu Berlokasi di Jalan Wates km 12 Dusun Sundi Kidul, Kel. Argorejo, Kec.Sedayu, Kab. Bantul Yogyakarta.

Disini Anda akan disuguhi tanaman buah menarik karena “kelangkaannya” yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Kebun Buah ini terdapat koleksi sekitar 300 tanaman langka seperti Anggur Brasil Basil (Jaboticaba), Jeruk Nagami, Blackberry, Kacang Amazon, Buah Tin dan masih banyak yang lainnya.

Tak hanya melihat dan berkeliling saja Anda juga bisa mencicipi buahnya lho! Asyik bukan? Anda juga bisa praktek menanam bibit dan tersedia berbagai bibit buah langka yang bisa dibeli seperti alpukat kendil, belimbing madu, cempedak, nangka madu, jambu air mawar jumbo, durian bawor, hingga durian musangking dengan harga mulai dari Rp.60.000,-.

4. Curug Pulosari

Lokasi-Curug-Pulosari

Sumber: alodiatour.com

Wisata alam Bantul berikutnya adalah Curug Pulosari, merupakan sebuah air terjun yang tidak begitu tinggi tetapi sangat asri dan bagus, airnya bersumber dari aliran air sungai alami di sekitar perbukitan. Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil, namun karena lokasi ini berada di tengah kawasan perbukitan kering menjadikan pemandangan yang Anda bisa lihat di sekitaran curug sungguh menarik dan eksotis untuk Anda kunjungi.

Curug Pulosari beralamat di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu yang tetap untuk berkunjung ke Curug Pulosari adalah saat musim hujan, karena pada saat musim hujan air yang mengalir di Curug Pulosari cukup desar, sehingga pemandangan air terjunnya sangat bagus dan indah. Namun Anda perlu berhati-hati, pada musim hujan jalan menuju curug pastilah sangat licin. Saya menyarankan kepada Anda untuk memakai Sepatu lapangan yang memiliki daya cengkram yang kuat agar tidak terpeleset, dan jangan lupa membawa baju ganti agar bisa berenang atau bermain air di area wisata alam Curug Pulosari.

5. Desa Keduang Miri

Desa Keduang Miri

Sumber: tipswisatamurah.com

Tempat wisata alam di Jogja ini menyajikan pemandangan perbukitan hijau yang indah, barisan pohon asri dan Sungai Oyo yang cantik. Terdapat jembatan gantung yang terbuat dari kayu menambah indahnya pemandangan perpaduan unsur-unsur alam sekitar, Jembatan ini berada tepat di atas Sungai Oyo.

Bagi Anda yang sedang penasaran dengan desa wisata di Jogja yang bagus dan menarik, coba deh datang ke Desa Kedung Miri. Alamat dan lokasi-nya terletak di Kelurahan Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kabar baiknya meski berstatus desa wisata, namun tak ada biaya jika ingin masuk ke sini (alias Gratis). Cocok sekali bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Jogja tetapi memiliki budget yang terbatas. Anda pun bisa menyewa homestay di rumah penduduk atau izin untuk berkemah. Suasana di desa wisata ini akan membuat Anda jatuh cinta dan tak mau lekas pulang.

Demikian ulasan beberapa rekomendasi wisata alam di daerah Bantul Jogjakarta. Semoga liburan Anda menyenangkan atau pun untuk Anda yang masih merencanakan untuk berlibur di daerah Bantul Jogjakarta semoga segera terealisasikan. Semoga ulasan ini bermanfaat salam hangat.