Segudang manfaat luar biasa dari alpukat

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa alpukat banyak sekali manfaatnya, baik itu jika dikonsumsi langsung ataupun digunakan diluar tubuh, misalnya dijadikan masker pada wajah. Buah yang mirip dengan buah pir ini terdapat banyak nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Bagi yang suka membuat atau meracik sendiri perawatan tubuh atau perawatan kecantikan, tentu alpukat ini sudah tidak asing lagi. Karena dapat bermanfaat untuk digunakan sebagai perawatan kulit yang alami. Selain itu, jika hanya mengkonsumsinya secara langsung, hal tersebut sama-sama memberikan khasiat yang baik pula.

Buah yang memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut ini memang banyak sekali manfaatnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit untuk dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat, juga bisa digunakan untuk bahan tambahan ke salad atau ke sandwich. Jika dirasa sudah mulai bosan mengkonsumsinya secara langsung, bisa juga digunakan untuk dijadikan sebagai lulur untuk kulit, yang nantinya kulit akan terlihat lebih bersinar, berseri dan lebih segar.

Beberapa kandungan yang ada dalam alpukat

  • Antioksidan
    Jika tubuh kita terkena polusi, maka tubuh akan dengan otomatis memproduksi semacam zat untuk dapat menangkal radikal bebas. Karena radikal bebas ini dapat membahayakan dan bisa merusak sel tubuh, termasuk juga sel kulit. Nah, kandungan antioksidan yang ada dalam alpukat ini dapat membantu melindungi dari radikal bebas tersebut. Kandungan dalam alpukat seperti vitamin C dan vitamin E juga memiliki peranan penting. Kandungan lain dalam alpukat yang disebut dengan lutein dapat memberikan kadar elastisitas alami kulit serta memberikan kadar air alami bagi kulit. Juga dapat membantu kerusakan pada kulit. Sedangkan vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari efek sinar matahari langsung. Sedangkan viatamin C pada alpukat berfungsi untuk membantu memproduksi kolagen yakni semacam senyawa yang mengatur kekencangan dan elastisitas kulit.
  • Lemak sehat
    Alpukat dikenal memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun tidak perlu khawatir, karena kandungan lemak yang ada pada alpukat adalah kandungan lemak baik. Asam lemak poli yang tak jenuh. Dan bagus sekali untuk kulit. Karena dapat membantu menjaga dan mempertahankan kulit agar tetap lembab, menjaga lapisan kulit sehingga kulit akan menjadi terlihat sehat dan terasa lembut secara alami. Selain itu, kandungan lemak pada alpukat dapat melindungi kulit kamu dari efek sinar matahari.
  • Biotin
    Dalam alpukat, biasanya terkandung kurang lebih 2 sampai 6 mikrogram biotin. Jumlah tersebut merupakan 6 dan 16 % dari takaran yang direkomendasikan. Biotin sendiri merupakan istilah lain dari vitamin B7, yang mana termasuk ke dalam vitamin B kompleks, yang mana sangat diperlukan oleh kulit kita agar tetap sehat. Jika tubuh kita kekurangan asupan biotin, akibatnya kulit kita akan menjadi mudah bersisik, mudah kering, bahkan bisa sampai mengalami ruam merah.

Manfaat alpukat untuk kulit

  • Dapat membantu melembutkan kulit
    Kamu bisa membuat semacam “spa pribadi” di rumah. Cukup mudah koq, haluskan dulu daging buah alpukat dengan menggunakan blender, kemudian kemudian balurkan ke bagian tubuh yang diinginkan. Dan biarkan hal tersebut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Baru setelah itu boleh dibersihkan, disarankan bersihkan dengan menggunakan air hangat ya. Dengan adanya hal tersebut, maka kandungan minyak alami yang ada pada alupkat dapat membantu melembutkan kulit kamu. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai masker untuk digunakan pada wajah. Hasil yang sama dapat didapatkan, kulit wajah akan terasa lebih halus dan lembut secara alami.
  • Berguna untuk membersihkan wajah
    Alpukat dapat membantu membersihkan pori-pori wajah dari berbagai kotoran dan minyak secara alami. Bahan yang dibutuhkan yaitu alpukat itu sendiri, kuning telur, setengah cangkir susu. Cara membuatnya: kocok telur hingga berbusa, lalu campurkan daging alpukat yang sudah dihaluskan lalu campur susu. Aduk hingga rata. Akan terlihat seperti “lotion“. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba.