Categories
Artikel

Istilah Lain Nama Babi Dalam Makanan ini Perlu Kamu Catat

Bagi umat Islam memilih makanan yang halal wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Dalam berbagai keadaan, situasi dan kondisi pun kita sebagai seorang Muslim wajib menghindari dari makanan yang terindikasi atau berpotensi mengandung barang haram.

Hal ini sangat perlu dicermati mengingat di zaman yang sangat modern ini berbagai jenis dan produk makanan banyak yang mengandung zat yang terbuat dari babi. Bahkan pada makanan yang sudah terkenal sekaligus sehingga menghilangkan kecurigaan bahwa makanan tersebut mengandung babi.

Misal saja kandungan gelatin hewani, yang mana biasanya gelatin hewani ini terbuat dari babi dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itulah sebagai seorang Muslim kita wajib menjauhi yang status halalnya belum jelas.

Tidak cuma itu, masalah lain timbul karena ketidak tahuan msyarakat Muslim dengan istilah atau nama lain dari Babi yang biasa digunakan dalam makanan. Ada banyak sekali istilah lain dari babi dalam makanan yang perlu untuk diketahui oleh seorang Muslim.

Berikut adalah nama/istilah lain nama babi yang biasa digunakan dalam makanan:

1. Bacon

Bacon adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut daging babi yang diasap. Beberapa produsen bahkan menyebutnya sebagai daging babi saja. Bacon sebenarnya daging yang diambil dari bagian samping atau perut yang umumnya digunakan untuk makanan steak.

Meskipun Bacon ada juga yang terbuat dari daging kambing atau sapi, namun banyak juga yang menggunakan istilah ini sebagai daging babi atau daging babi asap. Oleh sebab itu telitilah kompisisi makanan yang akan Anda beli, jika salah satu komposisinya terdapat Bacon, maka tinggalkanlah.

2. Pork

Pork dalam bahasa Inggris berarti adalah daging babi. Pork ini banyak ditemukan dalam makanan kemasan impor sepeti kornet, sosis, bakso dan makanan olahan lainnya terutama adalah makanan khas dari Korea, China dan Jepang.

3. Ham

Ham ini juga istilah yang sering digunakan untuk penyebutan daging babi,. Meskipun dalam bahasa inggris ham memiliki arti paha hewan secara umum, namun pada realitanya ham banyak digunakan untuk penyebutan paha hewan babi.

Dengan istilah ini tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan, nah mulai sekarang Anda bisa lebih menjauhinya lagi.

4. B2

Para pemakan daging babi dari Yogya dan Batak biasa menyebut daging babi ini dengan istilah B2. Jika Anda sedang mencari warung makan dan kebetulan di daftar menunya terdapat B2, lebih baik gak usah deh. B2 itu artinya babi bagi masyarakat Jogja dan Batak.

Itulah beberapa istilah lain dari babi dalam makanan. Sebenarnya masih banyak lagi, setidaknya ada lebih dari 10 istilah lain dari babi dalam makanan.