Categories
Artikel

Cara Alami dan Aman Menurunkan Berat Badan Berlebih

Memiliki berat badan yang berlebih memang tidak enak. Tidak hanya menjadi pengganggu fisik, tapi tekanan mental juga seringkali menjadi pengganggu yang sangat sensitif dirasa. Meskipun juga ada sebagian orang yang tidak mempermasalahkan dengan keadaanya itu.

Orang-orang yang tidak mempermasalahkan dengan berat idealnya biasanya adalah orang yang sudah memperdulikan tampilan fisiknya. Sedangkan yang mereka yang mempermasalahkan adalah yang peduli dengan tampilan fisiknya. Sebenarnya karena tampilan fisik atau bukan, kita tetap perlu memperhatikan keseimbangan berat badan kita. Sebab berat badan yang seimbang erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita, bukan hanya sebatas tampilan fisik belaka.

Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang memiliki berat badan berlebih berlomba-lomba untuk menurunkan berat badannya sampai batas ideal. Namun tidak semua dari mereka berhasil dalam menrunkan berat badannya. Sehingga adanya obat atau suplemen penurun badan tertentu perlu untuk mereka gunakan.

Namun masalahnya, amankah obat penurun badan yang digunakan itu. Nah, jika Anda juga bagian dari salah satu diantara mereka perlu untuk memperhatikan hal ini. Harus pintar-pintar memilih obat penurun badan yang aman, yaitu yang kemampuannya sudah terbukti dan aman digunakan.

Bisa juga melakukan program penurunan berat badan dengan mengganti kebiasaan pola hidupnya dan pola makannya, yaitu dengan mengganti pola makannya menggunakan makanan tertentu sepeti sayur dan buah, meskipun hasilnya tidak instans dan perlu bersabar. Namun cara ini terbukti aman.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan Anda secara alami:

1. Diet Dengan Jeruk Nipis

Minum air jeruk nipis hangat di pagi hari/bangun tidur terbukti mampu menurunkan berat badan secara alami. Orang-orang yang telah mempraktekan ini mengklaim mampu menurunkan berat badannya sampai 1 kg hanya dalam waktu 1 minggu. Kebayangkan jika Anda lakukan dalam waktu 1 bulan, 2 bulan dn 3 bulan.

2. Mengganti Pola Makan

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa hanya dengan mengganti kebiasaan/pola makannya saja dapat menurunkan berat badan. Makan pada waktu tertentu dengan kadar yang banyak dapat berpengaruh besar dalam menumbuhkan lemak dalam tubuh. Ubahlah kebiasaan itu dengan 3-4 kali makan porsi kecil. Hal ini akan efektif dalam menurunkan berat badan Anda.

3. Tidur yang Cukup

Dengan tidur cukup berat badan Anda akan ideal. Sebaliknya, kurang tidur atau kelebihan tidur akan membuat tubuh anda jauh dari kata ideal. Untuk orang yang memiliki berat badan berlebih kurang tidur dapat menyebabkan berat tubuhnya tetap gemuk meski sudah melakukan program diet. Dan untuk orang yang bertubuh kurus pun tetap akan kurus meski sudah mencoba untuk menggemukan badan dan mengkonsumsi obat gemuk alami.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Dengan minum air putih yang cukup dapat menjadikan tubuh Anda lebih seimbang, tidak kurang tidak lebih, alias ideal. Kebutuhan cairan dalam tubuh tiap orang memang berbeda-beda, namun untuk rata-rata, bagi wanita membutuhkan air 1,6 liter per hari dan pria 2 liter per hari.

Sudah banyak penelitian mengenai hal ini, salah satunya adalah Andrea Giancole dari Amerika yang mengemukakan bahwa dengan minum air putih yang cukup setiap hari mampu melunturkan lemak dan racun dalam tubuh.

Itulah beberapa cara dan tips simpel untuk memiliki berat badan seimbang dan ideal.

Categories
Artikel

Merasakan Gempita Lebaran di Turki

Di Turki, mereka menamakan perayaan Idul Fitri sebagai Bayram. Setiap umat muslim di seluruh dunia pasti gembira menyambut hari raya Idul Fitri. Tiap negara memiliki kekhasan tersendiri dalam merayakan hari kemenangan tersebut. Tak terkecuali Turki.

Masyarakat Turki menyebut Idul Fitri sebagai perayaan ‘Seker Bayram?’, atau ‘Ramazan Bayram?’, yang merupakan kebiasaan orang untuk saling menyapa. Mereka biasanya akan berkata “Bayraminiz Kutlu Olsun” (Semoga Anda Bayram, Jadilah Dirayakan), atau “Mutlu Bayramlar” (Selamat Bayram), atau “Bayraminiz Mubarek Olsun”.

Untuk beberapa tradisi, perayaan Idul Fitri di Turki tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Semua orang berkumpul dengan keluarga dan teman dekat mengenakan pakaian terbaik yaitu ‘Bayramlik’, yang sering dibeli hanya untuk kesempatan ini.

Mereka juga mengunjungi makam orangtua dan keluarga untuk mendoakan, sambil menghiasinya dengan bunga serta menyiram tanaman di sekitarnya dengan air. Salah satunya menyiram tanaman bunga tulip yang banyak ditanaman di sana.

Perayaan Idul Fitri juga sangat ditunggu oleh anak-anak. Mereka biasanya berkeliling ke rumah tetangga menghantar doa agar setiap orang yang merayakan Bayram bahagia. Doa itu akan dibayar coklat, atau permen tradisional seperti baklava dan Turkish Delight. Persamaan lainnya dengan di Indonesia adalah pembagian uang receh untuk anak-anak.

Kota-kota di seluruh negara juga membuat acara penggalangan dana bagi masyarakat miskin. Ada pertunjukan musik konser atau pagelaran seni tradisional seperti Karagz dan Hacivat, berupa pertunjukan teater oleh Mehter dan Janissary Band yang didirikan pada zaman Kekaisaran Ottoman.

Perayaan Bayram di Turki berarti membantu orang yang kurang beruntung, mengakhiri permusuhan dari masa lalu dan bergembira sambil sarapan dan makan malam bersama orang-orang tercinta.

Perayaan di lingkungan pemukiman pun tidak kalah seru, rumah-rumah dan jalan dihiasi sedemikian rupa untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan berperang melawan hawa nafsu. Televisi dan radio di Turki juga menyiarkan program khusus Bayram, seperti film-film khusus, program musik dan perayaan bersama selebriti dan politisi.

Categories
Artikel

Taman Eden 100, Buat Taman Konservasi Anggrek Spesies Toba

Taman Eden 100 Desa Lumban Rang Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir merupakan tempat Agrowisata dan wisata rohani yang dikelola secara konvensional oleh keluarga Sirait. yang telah diresmikan oleh Bupati Drs Monang Sitorus pada bulan Februari lalu.. dr. Ria Talembanua selaku pemrakarsa mengatakan, saat ini terbuka untuk umum untuk mengunjungi ataupun untuk dijadikan sebagai bahan penelitian di tempat tersebut.

dr. Ria yang sangat menguasai anggrek spesies dari pengalamannya sebagai pengoleksi bunga anggrek hutan dan puluhan buku dan katalog anggrek dari dalam dan luar negeri memutuskan, bahwa taman konservasi ini merupakan peluang besar bagi sector pariwisata Danau Toba yang akhir-akhir ini kurang bergairah. Selain melihat Danau Toba wisatawan saat ini sudah bisa beragrowisata dengan melihat berbagai anggrek spesies langka karena lokasi Taman konservasi ini sangat mudah dicapai dan berada di tepi jalan, dan dicapai hanya sekitar 20 menit dari Parapat. Karena Taman Konservasi tersebut berada di kawasan Tobasa, maka dipastikan Pemkab Tobasa akan diuntungkan dengan kehadiran Taman Konservasi tersebut.

dr. Ria mengajak agar masyarakat peduli terhadap kelestarian anggrek spesies Toba, dan dapat membantu Forum Peduli Anggrek Toba dalam menemukan dan mengidentifikasi anggrek spesies di kawasan Danau Toba. Semua anggrek ini akan ditangkarkan di Taman Eden dan tidak tertutup kemungkinan untuk dibudidayakan. Akan dipilih mana yang boleh diperjualbelikan. Dana penjualan yang didapat nantinya akan dipersembahkan seluruhnya kepada Pemilik sebagai penambahan biaya pelestarian pengelolaan Taman Eden secara keseluruhan.

Banyak tanaman langka lainnya yang harus dilestarikan di Taman Eden ini, selain anggrek, namun diakuinya, kepedulian pemerintah dan masyarakat Tobasa sebenarnya merupakan kunci dari keberhasilan pelestarian ini. Semoga dengan berdirinya Taman konservasi Anggrek Spesies yang didirikan secara swadana ini akan membuka mata hati dan nurani kita untuk bersama-sama bertanggungjawab terhadap semua ciptaan Tuhan, tandas dr. Ria.

Anggrek Spesies Toba telah banyak berpindah ke luar negeri, sehingga Anggrek Toba tersebut sangat terkenal di luar negeri karena keunikannya. dr. Ria juga mengantisipasi agar anggrek Toba ini tidak punah dari daratan sumatera karena selama ini telah banyak orang (kolektor) mengangkut anggrek Toba ke luar daerah termasuk luar negeri, jangan sampai nama Anggrek Toba saja yang ada kita tahu tetapi bunganya telah tiada.

Sementara itu Perhimpunan Anggrek Indonesia Cabang Medan yang diwakili oleh Bapak Dimarti Abbas, mengatakan bahwa mengenai jenis Anggrek yang telah terindentifikasi di Indonesia sebanyak 4000 jenis, termasuk Anggrek Toba.

Anggrek Indonesia menghimbau agar masyarakat dapat lebih mencintai bunga termasuk anggrek, karena pemasaran Anggrek di Sumatera Utara termasuk stabil. Namun Pak Dimarti Abbas mengakui dalam hal fasilitas untuk ekspor bunga merupakan kendala di Indonesia. Bapak Dimarti membandingkan pemasaran baik untuk ekspor maupun impor di Negara Kenia (Afrika) sudah lancar, bahkan warga Kenia (Afrika) telah dapat menggantungkan hidupnya dari hasil penjualan bunga.

Categories
Artikel

Tips Memilih Busana Muslim yang Keren dan Berkualitas

Sebagian besar orang punya alasan tersendiri dalam mengenakan pakaian muslimnya. Ada yang mempunyai tujuan baik seperti mementingkan adab berpakaian sebagaimana yang agama perintahkan, namun ada juga yang hanya sebatas mengikuti mode dan trend belaka.

Semua alasan tersebut kembali kepada pribadi masing-masing sepanjang maksudnya baik dan tidak menyimpang dari ketentuan dan norma yang berlaku.

Busana muslim sendiri terbagi dalam beberapa bagian, seperti hijab/jilbab, dress, blazer, gamis, jubah syari, baju koko dll. Sehingga tidak mengherankan jika para produsen pakaian berlomba-lomba dalam merancang model terbaik dan terbarunya untuk pangsa pasar yang terus naik ini.

Nah, jika kamu ingin terlihat tampil modis dengan busana muslim ini, berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk kamu:

1. Tentukan Corak Model dan Warna Sesuai Karakter

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang tidak semua dan kepantasan yang berbeda pula. Ada yang lebih cocok mengenakan pakaian ketat dan sebaliknya. Oleh sebab itulah model pakaian harus menyesuaikan bentuk tubuh seseorang. Selain juga perlu memperhatikan warna dan style pakaian yang sekiranya cocok untuk kamu. Jangan sampai niatan ingin terlihat modis dan keren justru yang terjadi sebaliknya.

2. Pilih Pakian yang Fleksibel dan Multifungsi

Pilihlah model pakian yang sesuai untuk digunakan dalam berbagai kondisi dan keadaan. Dalam artian pakaian itu bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan, tidak hanya terikat dengan hal-hal keagamaan atau acara tertentu. Dengan begitu kamu akan terlihat lebih modis namun tetap religius.

3. Pilih Kualitas Bahan yang Baik

Pilihlah kualitas bahan yang baik. Jangan sampai cuma bagus do model namun bahannya berkualitas rendah sehingga akan terkesan murahan dan pasaran. Bahkan pakaian dengan model yang pas-pasan saja jika kualitas bahannya bagus akan terlihat keren dan modis, lihat saja pakaian-pakaian yang bermerk, modelnya biasa-biasa saja, namun dengan melihat merknya orang akan menganggap dirinya modis.

4. Sesuaikan Harga dengan Budget yang Tersedia

Pilihlah pakaian terbaik dikelasnya sesuai dengan budget yang ada. Artinya, dalam memilih pakaian bagus dan berkualitas itu tidak harus mahal. Tetap ada pakaian dengan model keren dan berkualitas meskipun dengan budget yang minim. Maka carilah pakaian dengan model yang antimainstream dan jarang beredar di pasaran modelnya.

5. Jangan Cuma Cakep Diluar, Utamakan Inner Beauty

Semua orang sepakat, sebagus dan sekeren apapun pakaian yang dikenakan, perilakulah yang paling berpengaruh dirinya terlihat keren atau tidak, modis atau tidak. Seseorang dengan pribadi santun dan perilaku anggun yang mengenakan pakaian biasa-biasa saja, bahkan sangat biasa dan sederhana, selalu terlihat elegan dipkamung dan tampil modis dengan model pakian apapun.

Sebaliknya, seseorang dengan pribadi yang kurang baik keika mengenakan pakaian sekeren dan semodis apapun tidak tampak dari dirinya keanggunan atau tampil keren, yang ada malah tampil blufing dan lebay, norak juga. Oleh sebab itu Inner Beauty tetap yang utama untuk tampil modis dan keren.

Categories
Artikel

#NgaBlogBurit : Semangat Ngeblog di Bulan Ramadhan

#NgaBlogBurit tahun 2013, Sebuah program ngabuburit dengan cara online yang memacu semangat para blogger untuk mengupdate blog sambil menunggu waktu buka puasa tiba, hari ini sudah memasuk hari terakhir. Pastinya #NgaBlogBurit tahun depan masih akan dinantikan oleh para blogger yang telah mengikuti program ini setiap hari senin sampai jumat mulai pukul 15.00. Dan pengumuman pemenang diumumkan keesokan harinya setiap pukul 10.00.

Tantangan Berbeda Setiap Hari

Menurut saya #NgaBlogBurit adalah program yang menarik. Dan tahun ini adalah tahun kedua saya ikutan program ini. Setiap hari selalu ada tantangan yang diberikan oleh blogdetik. Blogger blogger yang mengikuti program ini harus menulis dengan kreatif sesuai dengan tema yang dilempar setiap pukul 15.00. Setiap tema tak jauh dari kegiatan yang dilakukan saat bulan puasa, baik sebelum sampai menyambut hari lebaran tiba.

Antusias Blogger Ikut #NgaBlogBurit

Tidak setiap hari saya ikut #NgaBlogBurit dan menyelesaikan tantangan. Karena setiap harinya saya tidak menggunakan laptop atau komputer. Jadi, kalau saya ikut #NgaBlogBurit pasti saya menghabiskan waktu di warnet satu atau dua jam untuk posting tulisan di blog.

Setelah menulis postingan hasil #NgaBlogBurit pastinya harus dishare link postingan di kolom komentar sesuai dengan tema yang dilempar sebelum ditutup pada pukul 18.00. Saat saya share link postingan, pasti sudah banyak link postingan disana. Hal ini menunjukkan begitu antusiasnya blogger mengikuti program ini. Mungkin saya termasuk salah satunya.

Semangat NgeBlog Karena #NgaBlogburit

#NgaBlogBurit menarik bukan saja dari tantangan yang diberikan, tapi juga karena hadiahnya Rp. 500.000 untuk pemenang #NgaBlogBurit yang beruntung setiap harinya.

Setiap mengikuti tantangan #NgaBlogBurit saya mencoba mengembalikan semangat ngeblog dan mengupdate konten diblog saya ini yang isinya gado – gado. Karena tidak setiap hari saya bisa update blog.

Dengan ikut tantangan seperti #NgaBlogBurit, pastinya saya bisa mendapatkan ide dan semangat untuk menulis, mengisi konten dan berbagi pengalaman kepada pengunjung blog saya. menambah ilmu, berbagi inspirasi dan manfaat kepada teman teman blogger di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Meskipun belum pernah menang, saya selalu semangat karena bisa berpartisipasi dalam program ini diantara blogger blogger lain yang keren dan konsisten dalam menulis. Mungkin saya tidak menang dalam program ini, setidaknya bisa menang dari rasa kurang konsisten dan bisa semangat ngeblog lagi. Terima kasih.

Categories
Artikel

Memilih Sepatu Bayi yang Tepat

Salah satu perlengkapan bayi yang diperlukan oleh sebuah hati selain baju adalah sepatu. Sepatu yang dipilih tentu harus nyaman dikenakan oleh si buah hati. Memilih sepatu harus berhati hati terutama para bunda. Kebanyakan bunda memilih sebuah sepatu karena bentuk yang lucu dan kembaran warna dengan baju.

Perlengkapan bayi berupa sepatu memang tidak perlu setiap hari digunakan. Tanya Remer Altmann (dokter anak) di dalam bukunya yang berjudul The Wonder Years mengatakan bahwa ada baiknya membiarkan kaki bayi telanjang. Dia menyarankan sepatu hanya dikenakan kepada bayi apabila cuaca dingin dan acara tertentu seperti pesta.

Tips Membeli Sepatu Bayi

Berikut ini beberapa tips bagi kita para bunda dalam memilih perlengkapan bayi bagi kaki bayi atau sepatu untuk sang bayi:

  • Pilihlah sepatu yang nyaman karena menurut Ronald Valmassy yang merupakan seorang ahli penyakit kaki mengatakan bahwa anak anak membutuhkan sepatu yang nyaman agar mereka mau berjalan. Karena sepatu yang tidak nyaman akan membuat kaki sakit dan membuatnya tidak mau lagi latihan berjalan.
  • Pilih sepatu dengan sol yang lembut. Jangan memilih sol yang kaku atau keras bila sang buah hati belum mencapai usia 17 bulan. Pada saat memasuki usia di atas 17 tahun, barulah kita mencari sepatu dengan sol yang agak keras atau kaku untuk menunjang setiap aktifitasnya di luar rumah.
  • Selain sol, bagian dalam sepatu harus terbuat dari bahan yang lembut dan tidak melukai kaki agar kaki bayi tidak lecet.
  • Pastikan sebelum berumur 17 tahun, bayi diberi alas kaki yang membiarkan dia menekuk jari kakinya dengan leluasa. Jadi solnya yang lembut dan fleksibel / lentur.
  • Tidak disarankan memasangkan kaus kaki pada bayi. Hal ini karena bayi yang belum bisa dan masih sedang belajar berjalan, sering kali terpleset dan terjatuh karena kaus kaki menambah kelicinan lantai. Bila ingin kaki bayi tetap hangat, kaus kaki bisa diganti sepatu anti slip dimana solnya terbuat dari bahan suede.
  • Disarankan tidak mengenakan sandal untuk bayi atau anak yang aktif. Sandal tidak cocok dengan anak yang suka berlari karena sandal bisa lepas sedangkan sepatu tidak (asalkan ukurannya tepat). Sepatu yang disarankan pun sepatu dengan bentuk sepatu olahraga.
    Dikarenakan bayi dan anak kecil memiliki pertumbuhan yang cepat, ada baiknya mengecek ukuran kakinya tiga bulan sekali. Bila ukuran sepatu sudah tidak cocok dengan kaki bayi, langsung ganti. Ingat sepatu tidak boleh kesempitan. Panjang sepatu sebaiknya dilebihkan setidaknya 1,5 cm.
  • Untuk si buah hati yang sedang belajar berjalan, disarankan tidak diberikan sepatu yang berat. Berikan sepatu yang ringan agar memudahkan si buah hati bergerak.
  • Disarankan untuk tidak membeli sepatu dengan model bertali karena ditakutkan tali sepatu akan lepas. Tali sepatu yang lepas bisa berbahaya bagi si buah hati.
  • Ingat juga, kulit bayi sensitif sehingga pilihlah sepatu yang tidak berbahaya bagi kulit bayi.

Semoga info tips ini bisa membantu dalam memilih sepatu yang tepat. Selain sepatu, kita juga harus memperhatikan perlengkapan bayi lainnya.

Categories
Artikel

Indahnya Lebaran Bersama Orang Tua

Momen Lebaran selalu memberikan kebahagiaan bagi banyak orang. Selalu ada cerita yang berbeda dalam setiap momen perayaan Lebaran. Tak memandang siapa dia, apa latar belakangnya, tua, muda, kaya, miskin, semua larut dalam kebahagiaan di Hari Lebaran. Saling berjabat tangan dan memaafkan satu sama lain, adalah momen terindah yang selalu hadir di hari Lebaran. Terasa indah ketika kita bisa saling memaafkan. Terlebih lagi keluarga besar kita dapat berkumpul untuk merayakan Hari Lebaran secara bersama-sama.

Merayakan Lebaran bersama kedua orang tua, tentunya adalah impian bagi semua orang. Karena tak sedikit juga, yang harus rela merayakan lebaran tidak bisa bersama orang tua, karena masih berada di perantauan dan belum bisa pulang ke kampung halaman. Alhamdulillah saya pribadi, meskipun merantau bekerja di daerah lain, selama ini masih dapat merayakan momen Lebaran bersama orang tua dan sanak saudara di kampung halaman. Selama masih ada kesempatan bagi saya untuk bisa merayakan Lebaran bersama orang tua, saya akan berusaha untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Apalagi saat ini orang tua saya hanya tinggal ibu sendiri, sementara Ayah sudah lama meninggal dunia.

Bagi saya, tak masalah hanya mendapatkan waktu beberapa hari saja untuk bisa merayakan Lebaran bersama orang tua, sebelum saya harus balik ke daerah perantauan. Tak ada yang lebih indah ketika hari lebaran tiba, pada saat selesai melaksanakan Shalat Ied dan mencium tangan orang tua untuk meminta maaf atas segala kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Dan disaat-saat itulah saya merasakan nikmat yang luar biasa, menyadari akan berharganya keberadaan orang tua, dan saya sangat merasa bersyukur bahwa saya masih memiliki orang tua di dunia ini. Air mata selalu tak terasa mengalir ketika masih diberikan kesempatan untuk meminta maaf kepada orang tua. Karena saya menyadari, bahwa sebagai anak, dosa saya jauh lebih besar terhadap orang tua. Tak ada yang bisa menggantikan orang tua. Terlebih lagi orang tua saya saat ini hanyalah tinggal Ibu.

Memang suasana sedikit berbeda ketika dulu merayakan momen Lebaran masih bersama dengan kedua orang tua. Tapi hal itu tidaklah mengurangi nikmat akan indahnya merayakan momen Lebaran bersama keluarga. Karena sejatinya, tidak perlu menunggu datangnya Hari Lebaran untuk saling bermaaf-maafan. Alangkah indahnya dunia ini, jika setiap hari masing-masing dari kita selalu menginstrospeksi diri atas segala tingkah laku kita, dan berusaha untuk menjadi pribadi yang beguna bagi sesama. Dan bukankah tiap-tiap manusia pasti pernah berbuat salah dalam hidupnya. Jadi, alangkah bijaknya jika kita mau memaafkan segala kesalahan orang lain pada diri kita, meskipun tanpa orang lain meminta maaf terlebih dahulu kepada kita.

Categories
Artikel

Museum Di Kota Padang

Museum adalah hal pertama yang akan aku cari saat berpergian ke suatu kota. Nah , saat berkunjung ke kota Padang maka aku mencari museum yang ada di sana. Dan aku melihat museum dengan bangunan rumah Gadang dengan halaman asri yang luas. Rumah Bagonjong merupakan rumah panggung dengan atap meniru tanduk kerbau. Jumlah gonjong yang ada di atap museum sebanyak 7 buah. Terletak di jalan Diponegoro 10 Kecamatan Padang Barat. Museumnya diberi nama Museum Adityawarman. Museum ini dibangun tahun 1974 dan diberi nama museum Negeri Propinsi Sumatera Barat. Tapi tahun 1979 diganti dengan nama Adityawarman. Nama ini adalah nama raja yang pernah berkuasa di daerah Minangkabau. Museum ini digunakan sebagai tempat menyiman dan melestarikan benda bersejarah.Museum ini dibangun karena perlunya wadah pemeliharaan warisan budaya sebagai usaha agar benda warisan budaya ini tak terbawa keluar negeri.

Bentuk museum , bentuk rumah Gadang adalah ciri khas dari Sumatera Barat. Dilengkapi dengan dua bangunan lumbung padi di kiri dan kanan rumah Gadang. Kemudian dipadukan dengan adanya miniatur pedati dan pesawat terbang peninggalan perang dunia ke 2. Ada patung utuh sepasang manusia dengan pakaian adat Minangkabau. Juga terdapat monumen di halamannya yang asri.Patung pria yang lagi duduk dan bambu runcing ada di tangannya dan terdapat tulisan Untuk Kami Nusa Djaja, Kamulah Gugur Derita Sengsara,Kamu Bertugu di Jiwa bangsa, Lambang Bermutu Selama masa. Di belakang monumen ini terdapat naskah proklamasi dengan tanggal 9 Maret 1950 dimana tanggal itu Padang dikembalikan ke pangkuan Indonesia. Ada bendi di sudut halaman. Luas dengan banyak pohon dan tanaman sehingga terlihat sangat asri. Di sisi sebelah kiri terdapat area bermain anak-anak dengan alat permainan yang beraneka ragam.Dalam museum ini terdapat 6000 koleksi yang terbagi dalam 10 kategori seperti :

  1. Arkeologi. Terdiri dari benda –benda bersejarah dari zaman pra sejarah hingga masuknya budaya barat.
  2. Biologika. Terdiri dari rangka manusia purba, fosil hewan dan tumbuhan
  3. Numismatika. Terdiri dari aneka mata uang, cap, tanda jasa berupa pangkat dan stempel.
  4. Geologika. Terdiri dari aneka andesit, permata,granit serat alat untuk pemetaan.
  5. Keramologika. Terdiri dari bahan pecah belah.
  6. Historika. Terdiri dari benda bersejarah yang berkaitan dengan tokoh , organisasi.
  7. Etnografika . Terdiri dari benda bersejarah yang memperlihatkan identitas suatu etnis dan kegiatan budayanya.
  8. Filologika. Terdiri dari naskah kuno.
  9. Seni rupa terdiri dari seni artistik yang bisa dilihat dari 2 dimensi atau 3 dimensi.
  10. Teknologika . Terdiri dari benda benda yang menunjukan perkembangan teknologi mulai dari yang tradisional sampai modern

Di sana banyak diaroma yang menampilkan sistim adat, kekerabatan ibu yang berlaku di masarakat Minang. Pakaian adat juga banyak berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya yang ada di Sumatera Barat. Begitu juga dengan rumah adat. Tampak luar seperti sama tapi ada perbedaan di setiap daerah. Juga terdapat banyak bentuk perhiasan, instrumen musik, beberapa upacara adat , perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masarakat tradisional Minangkabau.Ada ruang khusus untuk mengenalkan sistim kekerabatan Minangkabau. Terdapat singgasana kerajaan lengkap dengan pernak pernik yang didominasi warna kekuningan keemasan. Beberapa serahan untuk pengantin khas Sumatera Barat serta satu set rumah gadang yang digunakan untuk upacara pernikahan. Juga terdapat replika arca Adityawarman. Sangat mirip dengan aslinya yang terdapat di Museum Nasional Jakarta.

Jadi gak ada salahnya saat di kota Padang bisa mengunjungi museum ini. Halaman yang asri membuat kita betah di sana dan rumah gadang dengan atap yang tinggi membuat sirkulasi udara bagus dengan jendela yang lebar sehingga aliran angin begitu terasa membuat udara menjadi sejuk.

Categories
Artikel

Inilah Tips Memilih Kosmetik yang Baik

Kosmetik merupakan satu diantara hal yang bisa dibilang wajib hisab seorang wanita. Sebab dengan memakai kosmetik di bervariasi kesempatan tentunya akan menggalang penampilan seorang wanita khusunya untuk di acara-acara khusus. Dengan kosmetik seorang wanita juga bakal selalu tampak segar.

Akan tetapi tidak seluruh kosmetik yang dijual dipasaran bisa pas dan serasi dengan macam kulit dikau. Bukan cuma itu yang lebih berbahay lagi bila kosmetik tersebut mengandung benda berbahaya diantaranya merkuri yang tentunya hendak berefek buruk bagi sisik wajah kamu. Selain itu adapula kosmetik yang belum diuji dengan resmi oleh laboratorium tertentu, sedangkan produknya sudah banayk digunakan sama banyak orang. Dan yang amat berbahaya penuh kosmetik yang juga memalsukan merk kosmetik dikenal sehingga komoditas mereka pula biar bisa laku terjual.

Dalam mengatasi kemungkinan-kemungkinan buruk itu maka sangat penting bagi anda karet wanita dalam mengetahui cara agar sanggup memilah kosmetik yang memang terjamin kesakinahan dan kualitasnya. Berikut adalah artikel yang bisa kawan Dokter manfaatkan untuk tukang memilih kosmetik yang baik bagi anda.

1. Utamakan produk berlabel halal

Sebagian produk elok makanan mau pun kosmetik ditemui label lulus pada kemasannya. Label halal tersebut tentunya berasal atas nomor sertifikasi halal atas LPPOM MUI (Lembaga Sertifikasi Halal pada Indonesia). Hal tersebut bisa membuktikan kalau produk ini telah diuji oleh peraturan tersebut dalam mengetahui lembaga yang ada dalam produk, terasuk kosmetik.

2. Punya Kode Legal

Terkhusu dalam makana & kosmetik, punya lembaga yang menangani menyenggol kelegalan nya yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Depkes RI. Bila suatu rakitan tidak memiliki kode sah tersebut oleh karena itu tidak ada pihak yang ingin bertanggung jawab di dalam produksinya.

3. Memiliki Petunjuk Pemakaian

Bahwa ingin memilih kosmetik selalulah perhatikan apakah dalam kemasannya memiliki pranata pemakaian atau petunjuk pemakain. Hal tersebut sangatlah diperlukan agar impak yang diperolah bisa maksimum dengan standard keamanan produk.

4. Memiliki Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa yang terselip pada produk kosmetik anda sangatlah krusial. Hal tersebut untuk memastikan umur tepat produk yng pastin ya akan berefekberimbas pada level kualitasnya.

5. Tercantum Seri dan Tanda Produsen

Bahwa suatu rakitan kosmetik tidak memiliki nama serta tanda produsen oleh sebab itu anda perlu mempertanyakannya. Produksi kosmetik yang memilikki seri dan tanda yang terbuka tentunya Kecuali itu, seri www.monarista.com dan isyarat bisa memerankan informasi krusial untuk diadukan ke sebelah berwenang kalau suatu saat ada peri tentang produk.

6. Perhatikan Komposisi Benda

Komposisi bahan yang tersedia pada kosmetik menjadi taktik yang amat penting untuk anda. Saksama apakah tersedia zat yang haram ataukah berbahaya untuk kulit.

Categories
Artikel

Tips dekorasi dapur minimalis terbaik

Tata letak atau penempatan dari isi ruangan yang baik menjadi hal pertama yang sebaiknya anda perhatikan dan dilakukan agar interior dapur kamu menjadi lebih nyaman dan tidak terasa sempit. Dengan melakukan penempatan kitchen set yang baik, tentu akan membuat ruang gerak kamu didalamnya menjadi jauh lebih mudah dan terasa lebih lega. Lalu, perabotan yang jarang sekali atau bahkan tidak digunakan sebaiknya kamu buang atau bisa disimpan saja di gudang.

Ukuran Kitchen Set yang Sesuai

Terdapat cukup banyak desain atau juga model dari kitchen set yang dapat kita pilih, akan tetapi, kamu tentunya harus memperhitungkan mengenai ukuran dan kesesuaian dari dapur dengan kitchen set yang diinginkan. Sebelum membeli atau membuat, ukur terlebih dahulu ruangan dapur anda dan cek ukuran yang kira-kira pas dan tidak terlalu membuat ruangan menjadi terlalu sempit dan menghabiskan banyak tempat.

Pemilihan Lantai

Selanjutnya adalah pemilihan lantai. Dalam pemilihan lantai dapur mulai dari warna dan jenis juga harus jadi perhatian kamu dalam melakukan dekorasi dapur minimalis atau kecil. Ada baiknya kamu pilih lantai atau keramik yang berwarna putih atau bening, atau juga lantai dengan warna bercorak kayu.

Pemilihan Warna Dinding

Faktor pendukung lainnya dalam membuat tampilan kitchen kamu menjadi jauh lebih nyaman dan juga terasa lebih luas adalah saat pemilihan warna dari dinding ruangan dapur. Warna yang paling cocok dan baik adalah mengggunakan warna yang memiliki kesan cerah. Kamu juga bisa mengkombinasikan 2 warna atau lebih atau mengkombinasikan warna dengan furniture anda.

Faktor Pencahayaan

Untuk tips yang terakhir, dalam melakukan dekorasi dapur minimalis, pencahayaan ruang juga memberikan peran yang penting dalam menjadikan dapur kamu menjadi lebih terlihat luas. Gunakan lampu led atau lampu yang tidak terlalu besar namun bisa memberikan cahaya yang cukup. Sebaiknya berikan jendela agar cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan.